-->

Monday, April 27, 2015

3 Manfaat Networking untuk Kuliah S-2

Membangun jaringan (networking) yang luas mendatangkan banyak manfaat. Salah satunya dalam melanjutkan jenjang pendidikan ke tahap S-2. Dengan cara ini, kamu akan lebih mudah dalam melakukan pendaftaran ke perguruan tinggi yang kamu inginkan.

Dikutip dari Usa Today, Senin (27/4/2015), berikut beberapa manfaat tersebut.

1. Menambah surat rekomendasi

Memiliki jaringan dengan dosen atau profesional lainnya yang sesuai bidang merupakan kesempatan yang bagus untuk bisa kamu manfaatkan. Kamu bisa mendapatkan surat rekomendasi yang akan membantu dalam melakukan proses pendaftaran. Sebelum meminta surat tersebut, kamu bisa melakukan pendekatan kepada mereka, kemudian meminta mereka untuk menuliskan kelebihan yang ada di dalam dirimu.

2. Menghubungkan kepada sesama pelamar

Dengan membangun jaringan yang luas, kamu dapat berkenalan dengan orang-orang yang juga sedang berada pada tahap pelamaran S-2. Selain itu, kamu juga bisa bertemu dengan orang-orang yang sudah menyelesaikan studinya di jenjang S-2. Hal ini dapat membantumu untuk memeriksa berkas atau persyaratan lainnya dengan cara meminta mereka agar memberikan saran dan masukan pada dokumenmu tersebut, serta bertukar informasi.

3. Menciptakan peluang dan pengalaman baru

Jaringan akan membuka kesempatan kamu untuk bisa memperdalam pengetahuan sesuai dengan bidang yang kamu geluti. Misalnya, jika kamu adalah seorang penulis, maka hadirlah di konferensi sastra. Di sana, kamu akan bertemu dengan banyak orang agar bisa saling berbagi pengalaman dan menemukan kesempatan-kesempatan yang belum kamu dapatkan.

Previous
Next Post »