Wednesday, April 29, 2015

7 Cara Ampuh Kurangi Risiko Terkena Kanker

Cara Ampuh Kurangi Risiko Terkena Kanker - SEGALA jenis penyakit kanker merupakan penyakit yang tentu saja tidak di inginkan bagi setiap orang, namun penyakit kanker ini merupakan salah satu penyakit berat yang sering menghantui setiap orang.

Penyebab kanker paling utama biasanya dari faktor genetik, jika di dalam sebuah keluarga tersebut memiliki riwayat penyakit kanker, kemungkinan kecil akan menurun pada anak atau cucunya.

Penyakit kanker mempunyai faktor risiko yang berbeda-beda. Tapi jangan khawatir, bagi Anda yang takut akan ancaman penyakit kanker , Anda bisa menekan kemungkinan tersebut dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat setiap saat.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ada beberapa cara untuk mengurangi risiko kanker, seperti dilansir laman Yahoo Health, Rabu (22/4).

1. Jangan merokok

Jika Anda belum pernah merokok atau sudah berhenti, selamat, Anda tidak perlu melakukan apapun. Jika Anda merokok atau menggunakan produk tembakau, Anda bisa mengurangi risiko kanker Anda dengan menghentikan kebiasaan merokok Anda tersebut. Para ahli medis telah menemukan bahwa jika Anda berhenti merokok maka Anda akan mendapatkan keuntungan kesehatan seumur hidup.

2. Aktif secara fisik.

Aktif secara fisik memainkan peran besar dalam mencegah kanker, dimana penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur bisa mengurangi risiko kanker payudara dan usus dan kanker lainnya.

3. Diet

Ingin meningkatkan kesehatan utama? Cukup makan makanan yang bergizi. Makanlah setidaknya 5 porsi buah dan sayuran, beralih ke biji-bijian, membatasi garam dan memilih minyak dan lemak yang sehat.

4. Batasi asupan alkohol Anda.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menemukan bahwa kanker yang berhubungan dengan alkohol menyumbang 3,5 persen dari semua kematian akibat kanker di Amerika Serikat pada tahun 2009.

5. Hindari terlalu banyak terpapar sinar matahari

Jurnal Epidemiologi Kanker, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa wanita yang sering terpapar sinar matahari antara usia 15 tahun dan 20 tahun, 80 persen memiliki risiko terkena melanoma. Faktanya adalah kanker kulit bisa dicegah dengan perawatan kulit yang baik dan itu berarti menghindari paparan sinar matahari yang terlalu lama dan mengenakan tabir surya setiap hari dengan menggunakan lotion dan pelembab yang mengandung SPF.

6. Menyusui untuk mengurangi risiko kanker Anda.

Jika saat ini Anda menyusui (atau telah menyusui di masa lalu), Anda melakukan tugas ganda, memberikan bayi Anda gizi yang tak terhingga dan mengurangi risiko kanker Anda. Menyusui menurunkan kadar estrogen dalam tubuh.

7. Ambil bagian dalam program skrining kanker.

Salah satu terobosan paling penting dalam perang melawan kanker adalah kemampuan untuk mengenali kanker pada tahap awal. Melakukan tes seperti mammogram, kolonoskopi dan tes prostat direkomendasikan untuk kelompok usia tertentu.(fny/jpnn)

Previous
Next Post »