-->

Wednesday, April 29, 2015

Ini 5 Makanan Super untuk Jantung Anda

PENYAKIT jantung adalah sebuah penyakit yang sangat berbahaya, karena penyakit jantung ini bisa menyebabkan kematian secara tiba-tiba. Untuk itu perlu kita mewaspadai dan menjaga kesehatan jantung kita salah satunya dengan mengonsumsi makanan sehat untuk jantung, karena jantung termasuk salah satu organ yang terpenting dalam tubuh kita. Apa saja sih makanan yang sehat dan baik untuk jantung itu?

Berikut beberapa makanan sehat untuk menjaga jantung tetap kuat, seperti dilansir laman Fox News, Senin (27/4):

1. Tomat

Tomat telah lama dikaitkan dengan kesehatan jantung. Tomat adalah sumber vitamin C, kalium, serat dan vitamin A. Plus, tomat mengandung antioksidan lycopene, karotenoid yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), menjaga pembuluh darah terbuka dan risiko penyakit jantung lebih rendah.

2. Bluberi

Antioksidan dalam blueberry (dan berry lainnya) disebut anthocyanin dapat mencairkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Menurut sebuah studi baru-baru ini, hanya satu cangkir blueberry per hari bisa membantu menurunkan tekanan darah dan kekakuan arteri pada wanita pasca-menopause, yang keduanya berhubungan dengan peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

3. Sarden

Lemak ikan kaya omega-3 asam adalah lemak jantung sehat. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua atau lebih porsi ikan per minggu dikaitkan dengan risiko 30 persen lebih rendah terkena penyakit jantung. Sementara salmon, tuna, dan ikan trout adalah sumber yang baik dari asam lemak omega-3, sarden tidak hanya tinggi asam lemak omega-3, karena ukurannya yang kecil mereka sangat rendah kontaminan seperti merkuri.

4. Biji-bijian

Orang-orang yang makan biji-bijian cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak. Seluruh biji-bijian seperti oatmeal, beras merah, quinoa dan pasta gandum dan roti semua memberikan serat. Mereka mengandung antioksidan dan pitosterol yang bisa melindungi terhadap penyakit jantung.

5. Kacang

Penelitian menunjukkan hanya mengonsumsi setengah cangkir kacang setiap hari bisa menurunkan kolesterol. Salah satu alasan untuk ini adalah bahwa serat larut dalam kacang-kacangan membantu kolesterol mengikat dan menghentikannya dari yang diserap dalam usus.(fny/jpnn)

Previous
Next Post »