-->

Sunday, April 26, 2015

Mencuci Daging Mentah Sebelum Dimasak itu Berbahaya

Tidak disarankan memasak daging ayam dengan mencucinya terlebih dahulu. Pasalnya, bakteri yang ada di dalam daging ayam bisa berpindah tempat. Dalam daging ayam dimungkinkan terdapat bakteri patogen atau merugikan yang bisa menyebabkan keracunan dan risiko kesehatan lain
 
Mencuci (daging) unggas dapat memercikkan bakteri di sekitar dapur yang dapat mencemari (air), keran, tangan Anda, peralatan, telenan, dan makanan yang tidak dimasak seperti salad atau makanan penutup.
 
Sebenarnya bukan hanya daging ayam saja yang sebaiknya tidak langsung dicuci. Daging bebek dan kalkun pun sebaiknya juga tidak dicuci saat mau dimasak. Sebab, beberapa jenis daging tersebut dimungkinkan terdapat bakteri Campylobacter dan Salmonella. Dan, di Australia, kasus panyakit dengan sebab ini meningkat dua kali lipat selama 20 tahun terakhir.
 
Menurut sebuah survey, 84 persen dari bangkai ayam mentah terdeteksi mengandung Campylobacter. Sementara itu, ada 22 persen sampel daging yang memiliki bakteri Salmonella. Bakteri tersebut sering dikaitkan dengan kasus keracunan makanan.
Nah, jika ingin mengolah daging tersebut, sebaiknya lakukan pemasakan sementara agar bakteri yang ada bisa mati. Keringkan bagian yang lembab memakai kertas. Misalnya, Anda merebusnya dengan air.. Kalau dagingnya beku, cairkan dulu.
Panaskan daging hingga suhu mencapai minimal 75 derajat Celcius. Lebih baik lagi kalau Anda memiliki termometer daging untuk mengecek suhunya. Dilihat dari bentuknya, biasanya warna daging tidak secerah sewaktu belum dimasak. Setelah itu, daging bisa diolah menjadi berbagai menu masakan.
 
Selain itu, pisahkan peralatan masak yang dipakai untuk mengolah daging dengan lainnya. Jangan sampai daging mencemari bahan-bahan lain, seperti sayur. Cuci semua peralatan masak setelah dipakai mengolah daging. Termasuk, jangan lupa mencuci tangan Anda.
Advertisement : Herbal Gemuk Badan, 100% terbuat dari bahan alami pilihan berfungsi untuk menambah nafsu makan, meningkatkan fungsi enzim pencernaan sehingga nutrisi makanan dapat diserap sempurna oleh usus. Herbal ini aman dikonsumsi karena di formulasikan oleh apoteker & herbalis yang telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dan memiliki ijin produksi dari Dinas Kesehatan Propinsi dengan No: Dep.Kes RI P.IRT 207340101181 Informasi & Pemesanan 085743435182 (SMS/Call)
 
Real Testimonial : "Tidak seperti umumnya perempuan yang pengen langsing, kalau saya malah pengen gemuk karena berat badan tidak ideal dengan tinggi badan. Saya coba bermacam vitamin dan susu penggemuk tapi hasilnya kurang memuaskan. Setelah mencoba minum herbal Gemuk Badan ini alhamdulillah nafsu makan jadi bertambah dan setelah 1 minggu berat badan naik 1 Kg, efek lain yang saya rasakan badan lebih fresh dan tidak mudah lelah" (Ibu Supatmi, Bantul)
Sumber : Bontang

Previous
Next Post »